Sesungguhnya Tuhan memerintahkan kamu semua agar berkeadilan, berkebajikan dan berkepedulian terhadap sesama. Dan Dia membenci setiap kekejian, kemungkaran dan permusuhan!

19 November 2010

Pos Pertama: Albidāyah

Disebut demikian karena penempuh jalan pada pos ini mulai membangun keteguhan jiwa dan memperbaiki perangkat lahirnya.

Tanpa menyelesaikan lintasan-lintasan pada pos ini tidak mungkin dapat sampai kepada pos terakhir dalam perjalanan menuju Allah.

Tahap ini dipandang selesai manakala hamba telah menunaikan perintah Allah dengan ikhlas, menetapi sunnah Rasul, mengagungkan larangan Allah karena takut kepada Allah, menjaga kehormatan dan mengasihi sesama penempuh jalan makrifat dengan nasehat dan membantu mencukupi keperluan mereka, menjauhi pertemanan dan pergaulan yang dapat merusak kontinyuitas wirid dan zikir, dan menjauhi setiap yang menyebabkan rusaknya kondisi hati.

Ikhlas dalam menunaikan perintah Allah dan menetapi sunnah Rasul dalam tahap ini adalah tidak menghitung-hitung jenis amaliah yang diperintahkan, kadar pahalanya maupun kepentingan-kepentingannya, tetapi ditunaikan karena memandang kepada Allah semata.

Pos albidāyah terdiri dari sepuluh lintasan, dimana hamba yang ingin membebaskan diri dari kelalaian dan kebodohan, pertama-tama terjaga dari keterlenaan (inilah lintasan pertama, alyaqzhah), kemudian dia berhenti dari berbuat dosa (inilah lintasan kedua, attawbah), lalu dia memeriksa apa yang dilewatkannya selama ini (lintasan ketiga, almuhāsabah), selanjutnya secara bertahap dia mulai menempuh lintasan-lintasan berikutnya, hingga lintasan kesepuluh, dimana hamba kembali kepada Allah dengan penuh penyesalan dan memohon pengampunan serta keuzuran (lintasan keempat, al inābah), kemudian dia bertafakur dan berzikir untuk mendapatkan kembali kemurnian kekuatan-kekuatan batiniah yang selama ini tertutupi (lintasan kelima dan keenam, attafakkur dan attadzakkur), lalu dia berteguh diri dalam takwa dengan penuh kewaspadaan agar tidak kembali terjerumus kepada sifat-sifat jelek (lintasan ketujuh, al i'tishām), selanjutnya dia menjauhi tempat-tempat yang dapat merusak kebaikan yang telah diusahakannya dan hal-hal yang dapat menenggelamkannya dalam riya dan bersenang hati padahal tujuan belum lagi tercapai (lintasan kedelapan, alfirār), terus dia melatih jiwanya dan mengendalikannya agar teguh menunaikan ibadah (lintasan kesembilan, arriyādhah), terakhir dia senantiasa menyimak dengan baik nasehat dan peringatan-peringatan yang diuraikan oleh Allah dalam Alquran yang agung, hadis-hadis yang sahih, dan atsar-atsar orang-orang yang saleh dan banyak berbuat kebaikan (lintasan kesepuluh, assamā’).

bersambung ke lintasan alyaqzhah.

Related Posts by Categories



22 komentar:

  1. Assalamualaikum..
    semoga seluruh hambaNya, termasuk saya dan akhi jayadi gusti diberi kemampuan tuk dapat menempuh kesepuluh lintasan albidāyah.. amin.. ^_^
    salam silahturahmi blogger akhi, terimakasih telah berkunjung ke blog ilmu_air, maaf niy saya baru sekarang mampirnya dan ga langsung balik berkunjung ke blognya akhi setelah akhi meninggalkan jejak di blog saya, karena blog saya juga jarang saya update akhi.. ^_^

    BalasHapus
  2. semoga hari ini menjadi hari yang paling menyenangkan untuk kita semua.
    Salam kenal dari saya dan sukses selalu untuk kita semua.
    Terima kasih atas ilmu yang telah anda berikan semoga menjadi manfaat khususnya buat diri saya pribadi dan umumnya untuk semua yang telah membaca blog anda yang sangat bagus ini.

    BalasHapus
  3. terima kasih banyak saya ucapkan atas segala pengetauhan yang anda berikan melalui web ini, ini merupakan satu kebanggan untuk saya dan pastinya sangat bermanfaat sekali untuk saya pribadi dan untuk semua pada umumnya

    BalasHapus
  4. terima kasih banyak saya ucapkan atas segala pengetauhan yang anda berikan melalui web ini, ini merupakan satu kebanggan untuk saya dan pastinya sangat bermanfaat sekali untuk saya pribadi dan untuk semua pada umumnya

    BalasHapus
  5. indah dan ni'mat bila kita sudah merasakan keagungan ALLAH dalam diri kita, sehingga kita benar benar memiliki keimanan yang teguh.

    BalasHapus
  6. artikel yang sangat bagus sekali ddan tentunya sangat bermanfaat untuk pembacakhususnya saya pribadi, terima kasih salam kenal dan sukses selalu.

    BalasHapus
  7. setelah saya baca seluruh artikel dan akhirnya saya menemukan apa yang saya cari selama ini. saya ucapkan terima kasih ini semua berkat anda. salam kenal dan salam sukses

    BalasHapus
  8. artikel yang patut di acungkan jempol, kata-kata yang tersusun rapi jelas dan mudah di mengerti, banyak di butuhkan orang teruma saya pribadi, terima kasih atas segala kebaikan anda yang anda berikan melalui tulisan ini.

    BalasHapus
  9. kwalitas yang penting dalam suatu artikel dan itu ada dalam artikel anda ini, hebat gan. lam kenal dari saya.

    BalasHapus
  10. setelah saya menyimak smua isi artikel anda dan saya ucapkan beribu terima kasih, berkat artikel ini, ilmu dan pengetahuan saya jadi bertambuah, semoga bermanfaat. salam kenal gan dari saya.

    BalasHapus
  11. salam gan, kunjungan pertama nih...

    BalasHapus
  12. artikelnya oke brade

    BalasHapus
  13. artikel yang sangat bagus sekali sob
    salam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  14. nice nih artikelnya, semoga bermanfaat dan sukses terus ea gan... ditunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus
  15. informasi yang sangat menarik untuk saya simak dan sangat bermanfaat sekali,, makasih infonya sukses terus gan!!!

    BalasHapus
  16. artikelnya sangat menarik untuk saya simak dan menambah wawasan pengetahuan saya, nice infonya gan... sukses terus ditunggu artikel selanjutnya!!!

    BalasHapus
  17. artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik

    BalasHapus
  18. Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

    BalasHapus
  19. Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

    BalasHapus
  20. Обнаженные:) Проститутки Харькова. Дорогие и дешёвые индивидуалки для любови и интима по взаимной симпатии.
    Очаровательная молодеькая развратница, ненасная искусительница доведет до райского наслаждения, удовлетворения и полного изнеможения))) щедрого и порядочного мужчину! Существование общественного мнения оправдывается хотя бы удовольствием попирать общественное мнение

    BalasHapus
  21. I seriously consider this site needs much more attention.

    BalasHapus
  22. Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

    BalasHapus