Sesungguhnya Tuhan memerintahkan kamu semua agar berkeadilan, berkebajikan dan berkepedulian terhadap sesama. Dan Dia membenci setiap kekejian, kemungkaran dan permusuhan!

21 Oktober 2010

Doa Fatihah Habib 'Abdurrahman Al-Habsyi


Beliau membacakan doa ini kepada ayahku sambil menulisnya menjadi sebuah kaligrafi yang indah (seperti yang tampak dalam gambar di atas). Dan aku beruntung mendapatkan salinannya dari ayahku, berupa tulisan tangan ayahku dan versi cetak dari kaligrafi asli Habib ‘Abdurrahman yang diperbanyak oleh Muhammad ‘Abdurrazaq Muhyili.

Versi cetak itulah yang kusiarkan agar dapat diambil manfaatnya oleh setiap Muslim terutama mereka yang “mahabah” kepada dzurriyat Rasul shallallāhu ‘alayhi wa ālihi wa sallam yang sebaik-baik turunan. Dengan demikian menjadi “wasilah” kebaikan bagiku dan ilmu yang terus mengalir pahalanya bagi habib ‘Abdurrahman ibnu Abi Bakr ibnu Muhammad ibnu Idrus Al-Habsyi, pamanku.

Habib menganjurkan agar doa ini dibaca sesudah “bertawasul” atau “bertabaruk” dengan surat Al-Fatihah.


Tulisan latin doa tersebut dan terjemahannya dapat diunduh di sini atau di sini. Adapun versi utuh kaligrafi doa tersebut yang dicetak dengan teks warna biru silahkan diunduh di sini atau di sini, sedangkan dengan teks warna hitam silahkan diunduh di sini atau di sini. Semoga bermanfaat. Mengenai habib 'Abdurrahman lihat pada postingan terdahulu (klik di sini).

Alhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn, hamdān yuwāfī ni’amahu wayukāfī u mazīdahu. Allāhumma shalli ‘alā sayyidinā muhammadin wa ‘alā ahli baytihi washahbihi wasallima.

Segenap puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Pujian yang menyempurnakan nikmat-Nya dan mencukupi tambahan-Nya. Ya Allah, curahkan sebanyak-banyak berkah dan rahmat kepada tuan kami, Muhammad, dan kepada Ahli Baitnya serta para sahabatnya, berikut kesentosaan dari-Mu.

Allāhumma innī as aluka bihaqqil fātihati wassab’il matsānī. Yā rahmānad dunyā wal ākhirati warahīmahumār hamnī wagfir dzunūbī, yā ‘azhīmu, yā ‘azhīmu, innahu lā yagfirudz dzanbal ‘azhīma illāl ‘azhīmu. Lā ilāha illā anta. Subhānaka innī kuntu minazh zhālimīna.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran surat fatihah dan tujuh ayat yang diulang-ulang. Wahai Yang maha pengasih dan maha penyayang dunia akhirat, kasihilah aku, dan ampunilah dosa-dosaku. Wahai Yang maha agung, wahai Yang maha agung, sungguh tiada yang mengampuni dosa yang besar selain Yang maha agung. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berlaku zalim.

Allāhumma bika yā hasbī bil fātihati. Yā rabbīf tah muqaffala qalbī wamla`hu min asrārika, waftah ‘alayya abwāba fadhlika wayassir ‘alayya khazā ina ‘azhamatika, birahmatika yā arhamar rāhimīn.

Ya Allah, karena-Mu cukupilah aku dengan surat fatihah. Wahai Tuhanku, bukalah keterkuncian hatiku dan diktekanlah kepadanya rahasia-rahasia-Mu, bukalah untukku pintu-pintu karunia-Mu dan mudahkanlah bagiku gudang-gudang keagungan-Mu, dengan rahmat-Mu, wahai Yang maha penyayang dari para penyayang.

Allāhumma innī wa ahlī wa awlādī nas aluka an taftaha lanā bikulli khayrin, wa an taj’alanā min ahlil khayri, wa an tahfazhanā fī adyāninā wa anfusinā wa awlādinā wa ahlinā wa ashhābinā wa ahbābinā min kulli mihnatin wafitnatin wabu`sin wadhayrin, innaka waliyyu kulli khayrin wamutafadhdhilun bikulli khayrin wamu’thin likulli khayrin.

Ya Allah, sesungguhnya aku, keluargaku, dan anak-anakku, meminta kepada-Mu agar Engkau membukakan bagi kami segala kebaikan, dan menjadikan kami termasuk ahli kebaikan, dan Engkau menjaga kami dalam urusan agama kami, diri-diri kami, anak-anak kami, keluarga kami, para sahabat kami dan orang-orang yang mencintai kami, dari setiap cobaan, fitnah, kesialan dan bahaya, sesungguhnya Engkau penguasa setiap kebaikan, Yang mengungguli dalam segala kebaikan, dan Yang paling suka mengerjakan kebaikan.

Allāhumma innā nas aluka lanā walahum shihhatan fī taqwā, wa thūla ‘umrin fī husni ‘amalin, warizqān wāsi’ān lā tu’adzdzibnā ‘alayhi walā tu ākhidznā bisayyi āti a’mālinā, warzuqnāt tawbatal khālishatal māhiyata lidzdzunūbil mūshilata ilā kulli khayrin mathlūbin wa ‘amalin margūbin.

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu bagi kami dan mereka kesehatan dalam takwa, panjang umur dalam kebaikan amal, dan rizki yang luas yang Engkau tidak menyiksa kami karenanya, dan Engkau tidak segera menghukum kami karena kejelekan amal-amal kami. Rizkikanlah untuk kami taubat yang tulus yang menghapus dosa-dosa dan menjadi jalan menuju setiap kebaikan yang diinginkan dan amal yang diharapkan.

Allāhumma innā natadharra’u wanatasyaffa’u ilayka bil habībil mahbūbi sayyidinā muhammadin ‘abdika warasūlikal wāsithatil ‘uzhmā ladayka an talthif binā luthfān syāmilān jaliyyān wa khafiyyān tuqirru bihil ‘aynu wayuqdhā bihid daynu, daynud dunyā wal ākhirati, wa tansyarihu bihish shudūru, watuyassaru bihil umūru, wayujma’usy syamlu, wayakmulu bihil khayrātu was surūru, watadurru bihil barakātu wal khuyūru, warzuqnā kamālal ikhlāshi fīl a’māli wal aqwāli ‘indan qidhā il ājāli.

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dengan sungguh-sungguh dan merendahkan diri, dan meminta syafaat kepada-Mu dengan bertawasul melalui kekasihnya Dzat yang hak dicintai, yaitu tuan kami Muhammad, hamba dan rasul-Mu, sang penengah agung di sisi-Mu, agar Engkau berlaku lembut kepada kami dengan kelembutan yang meliputi setiap keadaan kami, menghilangkan setiap kekurangan kami, dan menutupi setiap kesalahan kami, yang karenanya jiwa menjadi tenang, hutang-hutang dunia maupun akhirat terlunasi, dada menjadi lapang, setiap urusan menjadi mudah, kebaikan perangai dan dunia terhimpun, kebajikan dan rahasia-rahasia hikmah tersempurnakan, berkah dan berbagai kelebihan pun tercurah. Dan rizkikanlah kepada kami kesempurnaan ikhlas dalam perbuatan maupun ucapan hingga ajal menjemput.

Washallillāhumma ‘alā sayyidi ahlil kamālil makhshūshi bil iqbāli wal ittishāli wal kamāli wal jalāli wal jamāli, wa ‘alā ālihi khayri kulli ālin wa ashhābihir rijāli, wa ‘alā tābi’īhim ilā yawmil māli, āmīn allāhumma āmīn, wasalāmun ‘alāl mursalīna, wa ākhiru da’wānā anil hamdulillāhi rabbil ‘ālamīna.

Berkah dan rahmat, ya Allah, curahkanlah kepada junjungan kami pemilik kesempurnaan yang diistimewakan dengan penerimaan, wasilah, kesempurnaan, keagungan dan keindahan, juga kepada keluarganya yang sebaik-baik keluarga, dan kepada para sahabat sejatinya, serta kepada para peneladan mereka hingga hari perhitungan. Amin, ya Allah, amin. Salam sejahtera kepada para utusan Allah. Dan kami akhiri doa kami ini dengan ucapan alhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.



Related Posts by Categories



4 komentar:

  1. Kaligrafinya indah.

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  2. salam sobat
    jadi tahu,kalau dibaca sesudah bertawasul atau bertabaruk dengan surat Al-fatihah.
    saya juga unduh versi utuh kaligrafinya.
    maaf ,lama saya tidak berkunjung ke sini.
    semoga sehat dan sukses selalu mas.

    BalasHapus
  3. Buat yg sudah daftar haji dan masuk antrean haji, buka http://porsiwp.eumroh.com baca isinya dan jangan lupa download aplikasi cek porsi haji androidnya...

    BalasHapus
  4. Admin yth warna font do'anya bagaimana kalau dirubah agak sedikit tdk terlalu silau,mgkn hijau atau abu abu.Link 4shared dan ziddunya tidak dpt diakses.tks

    BalasHapus