Sesungguhnya Tuhan memerintahkan kamu semua agar berkeadilan, berkebajikan dan berkepedulian terhadap sesama. Dan Dia membenci setiap kekejian, kemungkaran dan permusuhan!

19 November 2010

Sepuluh Pos Perjalanan Menuju Allah


Tulisan ini merupakan terjemahan dari karya Alharawi (396-481 H.), yaitu kitab Manāzilus Sā irīn ilāl Haqqil Mubīn, yang dilengkapi dengan penjelasan yang disadur dari kitab-kitab syarh karya Attilmisani (610-690), Alqasani/Alkasyani (wafat tahun 731), Alfarqawi (725-795) dan Allakhmi (lahir tahun 755). Menyangkut istilah-istilah ilmiah dalam terjemahan ini menggunakan kitab karya Alkasyani dan Alqusyayri (376-465).



Kitab Manāzilus Sā irīn ilāl Haqqil Mubīn


Kitab tersebut berisi penjelasan mengenai keadaan-keadaan bersuluk yang terdiri dari seratus tingkatan dalam sepuluh bagian.

Penyusunnya adalah seorang pemuka dalam ilmu hadis, tafsir, bahasa dan tasawuf, yang penjelasannya mengenai hakekat diakui paling lurus dan dapat diterima oleh masyarakat awam maupun para spesialis; beliau adalah Abū Ismā’īl Alharawi, tokoh Khurasan, keturunan sahabat Nabi, Abu Ayyub Al anshari.

Berkenaan dengan karyanya itu, Alharawi mengatakan: “Sudah banyak kitab sejenis yang disusun oleh para ulama terdahulu maupun yang datang belakangan, namun karya-karya tersebut umumnya tidak mencukupi, ada yang menitik beratkan pembahasannya hanya pada hal-hal pokok dan meninggalkan rinciannya, ada yang menyajikan banyak hikayat tetapi tidak menyimpulkan kandungan pelajarannya atau tidak menjelaskan masalah-masalah peliknya, ada yang tidak memisahkan secara jelas antara kondisi ruhaniah bagi para spesialis dengan kondisi umum yang mesti dipenuhi, ada juga yang memasukkan dalam penjelasannya kata-kata orang yang tenggelam dalam suatu keadaan ruhaniah, dan menjadikan rahasia para penyaksi ketuhanan serta rumus-rumusnya sebagai konsumsi umum. Adapun kasus yang paling merata ditemui dalam karya-karya itu adalah tidak dijelaskannya mengenai tingkatan-tingkatan perjalanan menuju Tuhan Alhaqqul Mubīn.”
 

Related Posts by Categories



4 komentar:

  1. Nice post, things explained in details. Thank You.

    BalasHapus
  2. I certainly agree to some points that you have discussed on this post. I appreciate that you have shared some reliable tips on this review.

    BalasHapus
  3. I will probably be back again to browse much more, many thanks for the data.

    BalasHapus
  4. Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

    BalasHapus