Sesungguhnya Tuhan memerintahkan kamu semua agar berkeadilan, berkebajikan dan berkepedulian terhadap sesama. Dan Dia membenci setiap kekejian, kemungkaran dan permusuhan!

20 Juni 2009

MENYAMBUT PAGI (4)

Di Waktu Fajar

Usai berwudhu (atau mandi) dengan sempurna, mengikuti aturan dan adab-adabnya, tunaikanlah dua raka’at shalat sunat wudhu, dan apabila “fajar shadiq” belum lagi terbit, bagi yang berniat shaum bisa mengerjakan sahur. Rasūlullāh bersabda:

“Fajar itu ada dua: Fajar yang mengharamkan makan-minum, tetapi menghalalkan shalat; dan fajar yang mengharamkan di dalamnya mengerjakan shalat, tetapi menghalalkan makan-minum.”

Dikeluarkan oleh Ibnu Khuzaimaĥ dan Al-Hākim. Al-Hākim men-shahīh-kan hadīts ini.(1)

Fajar yang pertama itulah yang disebut “Fajar Shadiq”; dan yang kedua, disebut “Fajar Kidzib”.

“Tidak seorang Muslim pun berwudhu dengan membaguskan wudhunya, kemudian berdiri menunaikan shalat dua raka’at dengan menghadapkan sepenuh hati dan wajahnya dalam shalat itu, melainkan wajib baginya Surga.”

Dikeluarkan oleh Muslim (2), Ahmad (3), Abū Dāwūd (4) dan An-Nasā-iy (5).


Apabila fajar shadiq telah terbit, tegakkanlah dua raka’at shalat sunat fajar. Mengenai shalat ini, ada riwayat dari Ummu l-Mu˙minīn ‘Āīsyaĥ :

“Tidak pernah Rasūlullāh amat sangat mementingkan suatu nawafil seperti halnya terhadap dua raka’at sebelum fajar.”

Dikeluarkan oleh Al-Bukhāriy (6), Muslim (7), Ahmad (8), Abū Dāwūd (9) dan An-Nasā-iy (10). Ini lafaz dari An-Nasā-iy.

Apabila luput dari melaksanakannya sebelum shalat shubh, laksanakanlah segera setelah shalat shubh, jika waktu shalat shubh belum berakhir. Qais bin ‘Amrū meriwayatkan:

“Suatu hari, ia keluar ke Masjid untuk berjama’ah shalat shubh. Setibanya di sana, ia mendapatkan Nabi telah shalat shubh, padahal ia belum menunaikan dua raka’at shalat fajar. Maka, ia pun shalat shubh bersama Nabi. Setelah selesai, segera ia melaksanakan dua raka’at shalat fajar. Nabi lalu mendatanginya, dan bertanya: shalat apa ini? Ia pun memberitahu (bahwa itu shalat fajar). Nabi pun diam dan berlalu, tidak mengatakan sepatah kata pun.”

Dikeluarkan oleh Ahmad (11). Al-‘Irāqiy menyatakan hadīts ini isnadnya jayyid (kuat).

Jika waktu shubh sudah berakhir, matahari telah terbit, “qadhā” shalat sunat fajar dilaksanakan sesudah matahari agak tinggi. ‘Imrān bin Hushain meriwayatkan:

“Dalam suatu perjalanan bersama Rasūlullāh, rombongan tertidur hingga luput melaksanakan shalat fajar. Mereka terbangun saat matahari telah terbit. Lalu mereka melanjutkan perjalanan hingga matahari agak tinggi. Setelah itu, Rasūlullāh pun menyuruh Muadzdzin untuk mengumandangkan adzan, dan beliau pun menunaikan dua raka’at shalat sunat fajar. Lalu dikumandangkanlah iqamah, maka kemudian beliau menunaikan shalat fajar.”

Dikeluarkan oleh Ahmad (12), Abū Dāwūd (13) dan An-Nasā-iy (14). Ini lafaz dari Abū Dāwūd.

Shalat fajar (dan, secara umum, shalat-shalat sunat lainnya) seyogyanya dilaksanakan di rumah. Rasūlullāh bersabda:

“Shalat tathawwu’ seseorang di rumahnya laksana cahaya; maka barangsiapa yang mau, cahayailah rumahnya.”

Dikeluarkan oleh Ahmad (15).

(nyambung)

(1) Hadīts riwayat Ibnu Khuzaimah dan Al-Hākim ini terdapat dalam Kitāb “Subulu s-Salām Syarh Bulūghi l-Marām min Jami’ Adillati l-Ahkām” karya Ash-Shan’āniy, tanpa menyebutkan sanadnya, dari Ibnu ‘Abbās.
(2) Shahīh Muslim: Kitābu th-Thahārah, Bābu dz-Dzikri l-Mustahabbi ‘Iqabi l-Wudhū-i; dari ‘Uqbah bin ‘Āmir.
(3) Musnad Ahmad: Hadīts ‘Uqbah bin ‘Āmir.
(4) Sunan Abū Dāwūd: Kitābu th-Thahārah, Bāb Mā Yaqūlu r-Rajuli Idzā Tawadha-a; dari ‘Uqbah bin ‘Āmir.
(5) Sunan An-Nasā-iyyu l-Kubrā dan Sunan An-Nasā-iyyu sh-Shughrā: Kitābu th-Thahārah, Bāb Tsawābu Man Ahsana l-Wudhū-a Tsumma Shallā Rak’ataini; dari ‘Uqbah bin ‘Āmir.
(6) Shahīhu l-Bukhāriy: Kitābu t-Tahajjud, Bāb Ta’āhudi Raka’atayi l-Fajr wa Man Sammāhumā Tathawwu’ān; dari ‘Āīsyah.
(7) Shahīh Muslim: Kitābu sh-Shalāti l-Musāfirína wa Qashrahā, Bāb Istihbābi Raka’atayi Sunnati l-Fajr wa l-Hitstsi ‘Alaihimā; dari ‘Āīsyah.
(8) Musnad Ahmad: Hadīts As-Sayyidatu ‘Āīsyah.
(9) Sunan Abū Dāwūd: Kitābu sh-Shalāt, Bāb Raka’atayi l-Fajr; dari ‘Āīsyah.
(10) Sunan An-Nasā-iyyu l-Kubrā: Kitābu s-Shalāt, Bābu l-Mu’āhadati ‘alā r-Raka’ataini Qabla Shalāti l-Fajr; dari ‘Āīsyah.
(11) Musnad Ahmad: Hadīts Qais bin ‘Amrū.
(12) Musnad Ahmad: Hadīts ‘Imrān bin Hushain.
(13) Sunan Abū Dāwūd: Kitābu sh-Shalāt, Bāb fī Man Nāmi ‘an Shalātin aw Nasīhā; dari ‘Imrān bin Hushain.
(14) Sunan An-Nasā-iyyu l-Kubrā dan Sunan An-Nasā-iyyu sh-Shughrā: Kitābu l-Mawāqīt, Bāb Kaifa Yaqdhiya l-Fā-itu mina sh-Shalāti; dari Buraida bin Abī Maryam dari Bapaknya.
(15) Musnad Ahmad: Musnad ‘Umar bin Al-Khaththāb.


Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar