Sesungguhnya Tuhan memerintahkan kamu semua agar berkeadilan, berkebajikan dan berkepedulian terhadap sesama. Dan Dia membenci setiap kekejian, kemungkaran dan permusuhan!

15 November 2010

ENGKAU O ALLAH

Mengenal Allah melalui munajat-munajat Imam Ali Karamallahu Wajhah


Judul asli: Sahifa e Alawiya. Penyusun: Abdullah Samahiji. Publikasi: Pertama kali dipublikasikan oleh Majmaul Bahrayn tahun 1887 di Bombay, dan tahun 1893 di Teheran. Terbitan keempat dikerjakan oleh Nizami Press tahun 1951. Terjemah bahasa Urdu oleh Sayyid Morteza Husain Lakhnawi diterbitkan oleh Hyderi Kutub Kana. Terjemahan inilah yang menjadi dasar terjemahan bahasa Inggris yang dapat diunduh di http://read.kitabklasik.co.cc/2009/06/sahifah-al-alawiyah-sayyidina-ali-bin.html

PENGANTAR PENERJEMAH

Banyak sarjana yang telah menghimpun munajat-munajat Imam Ali, namun karya Abdullah bin Saleh Samahiji yang diberi nama Sahifa e Alawiya adalah yang terpopuler. Karya ini menghimpun 160 doa.

Munajat-munajat dalam Sahifa Alawiya secara garis besar terdiri dari dua bagian. Penghambaan kepada Allah dan penyampaian berbagai kebutuhan. Setiap munajat merupakan sebuah masterpiece tentang pengakuan akan kekurangan diri di hadapan keagungan Tuhan Yang Maha Besar, dan hanya pribadi seperti Ali yang bisa menyusunnya.

Kami lakukan beberapa pengeditan naskah, antara lain mengelompokan doa-doa dalam beberapa tema besar, meringkas judul setiap doa, membagi untaian doa yang panjang ke dalam beberapa bagian, menambahkan langsung penjelasan yang diperlukan ke dalam kalimat atau kata yang diterjemahkan, dan memperbaiki atau menghapus kata atau kalimat-kalimat yang kami duga merupakan kesalahan cetak.

Kami mencoba sebaik mungkin membuat terjemahan ini sesuai dengan teks asli Arabnya, namun jika pembaca menemukan kekeliruan mohon disampaikan kepada kami, sehingga kami dapat melakukan perubahan-perubahan yang diperlukan pada terbitan berikutnya.


Mengenai Imam Ali lihat postingan terdahulu (klik di sini).


UCAPAN TERIMAKASIH


Memuji dan bersyukur kepada Allah tentu sudah sewajibnya didahulukan, kemudian bersalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya yang suci. Aku berterimakasih kepada pengelola website read.kitabklasik.co.cc yang darinya kuperoleh kitab Sahifa e Alawiya ini dan kitab-kitab berharga lainnya, juga kepada istri dan anak-anakku yang dengan melihat mereka selalu mengingatkanku agar lebih tekun berkhidmat kepada Allah dan bersabar menerima pembagian-Nya.
 

Bersambung ke Munajat Pujian dan Sanjungan Kepada Allah (Doa Yastasyir).

Related Posts by Categories



3 komentar:

  1. setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  2. I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

    BalasHapus
  3. That is an extremely smartly written article. I will be sure to bookmark it and return to learn extra of your useful information. Thank you for the post. I will certainly return.

    BalasHapus